Fenomenal, Sinopsis Film Korea Memories of Murder dari Bong Joon Ho!

Fenomenal, Sinopsis Film Korea Memories of Murder dari Bong Joon Ho! post thumbnail image

Selain menjadi dalang di balik film fenomenal Parasite, sutradara Bong Joon Ho juga dulu menggarap sejumlah film terkenal lainnya, seperti sinopsis film Korea Memories of Murder (2003).

Sinopsis film Korea Memories of Murder sendiri disita dari kisah nyata berkenaan pembunuh berantai pertama yang terkonfirmasi di Korea Selatan, bersama dengan periode perihal antara th. 1986 sampai 1991 di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi.

Sama seperti Parasite, dalam sinopsis film Korea Memories of Murder, Bong Joon Ho terhitung menggaet aktor Song Kang Ho sebagai pemeran utama, bersama dengan bersama dengan Kim Sang Kyung.

Bagaimana sinopsis film Korea Memories of Murder yang menceritakan upaya Detektif Park (Song Kang Ho) dan Detektif Seo (Kim Sang Kyung) menguak masalah ‘Korean Zodiac Killer’ tersebut?

Sinopsis Film Korea Memories of Murder

Berangkat dari kisah nyata, sinopsis film Korea Memories of Murder dimulai dari geger penemuan jasad seorang perempuan muda yang diperkosa dan dibunuh secara brutal terhadap th. 1986 di Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan.

Hanya berselang 2 bulan kemudian, terjadi alur masalah pemerkosaan dan pembunuhan bersama dengan situasi yang serupa. Tentu saja alur masalah tragis tersebut menggemparkan masyarakat.

Satuan tugas tertentu pun segera dibentuk untuk mengusut masalah tersebut, bersama dengan anggotanya yakni 2 detektif lokal Park Doo Man (Song Kang Ho) dan Jo Young Goo (Kim Roe Ha), dan juga Detektif Seo Tae Yoon (Kim Sang Kyung) yang didatangkan dari Seoul.

Baca juga:

Fred West: Siapa dia dan apa yang dia lakukan?

Review Film Exhuma: Siapa Iblis yang Sebenarnya?

Detektif Park dan Detektif Seo mempunyai kepribadian yang bertolak belakang.

Detektif Park condong melakukan tindakan sebagai aparat yang mengikuti insting dan sering menantang secara fisik. Di segi lain, Detektif Seo justru lebih fokus menelusuri dokumen-dokumen bukti yang terkait bersama dengan kasus, agar sering keluar pertentangan di antara Detektif Park dan Detektif Seo.

Dalam upaya penelusuran mereka, Detektif Park mengupayakan melacak sampel folikel orang-orang yang terlibat untuk diteliti. Sementara itu, Detektif Seo mendapatkan pola berwujud korban perempuan yang sering mengenakan baju merah dan masalah terjadi sementara hujan turun.

Berbekal panduan tersebut, ke-2 detektif itu pun buat persiapan jebakan untuk memancing pelaku keluar, tetapi yang terjadi justru mereka mendapatkan pembunuhan sadis lain keesokan harinya.

Jebakan yang gagal tersebut pun memicu para detektif ini putus asa. Cara apa lagi yang harus mereka tempuh untuk dapat menyergap pelaku dan menghentikan aksi kejam yang dilakukan secara berantai itu?

Kisah Nyata Pembunuhan Berantai di Korea Selatan

Memories of Murder adalah film fenomenal dari sutradara Bong Joon Ho yang diangkat dari kisah nyata, sekaligus merupakan film feature keduanya usai debut dengan Barking Dogs Never Bite (2000).

Kasus pemerkosaan dan pembunuhan sadis itu terjadi terhadap 1986 di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Seluruh korbannya adalah perempuan dari berbagai kalangan usia, terasa dari lansia 71 th. sampai remaja berusia 13 tahun.

Berdasarkan penyelidikan, tiap-tiap masalah pembunuhan berada terhadap radius 2 km dari masalah yang terjadi sebelumnya. Dalam periode 1986-1991, polisi memeriksa sampai 3,000 tersangka, tetapi tetap enggak dapat mendapatkan pelaku sesungguhnya dan memicu masalah tersebut enggak terpecahkan selama lebih dari 20 tahun.

Akhirnya, secara mengejutkan, sang pembunuh berantai keluar dan mengakui kelakuan kejinya terhadap th. 2019 lalu. Ialah Lee Choon Jae, yang di awalnya dikenal sebagai ‘Hwaseong Serial Killer’ atau ‘Korean Zodiac Killer’.

Meski Memories of Murder tayang jauh sebelum akan sang pelaku terkuak, Bong Joon Ho berhasil menghidupkan memori kelam bagi masyarakat Korea Selatan tersebut dan memicu masalah tersebut tetap ‘hidup’ sampai tuntas.

Kalau kita menyukai film thriller dan crime, kita harus cek film Memories of Murder yang diklaim sebagai keliru satu film terbaik Korea Selatan ini, nih!

Tapi pasti kita harus menyimak trigger warning atas scene terkait pemerkosaan dan pembunuhan yang tersedia di dalamnya ya.

Related Post